Selasa, 06 Januari 2009

Ancaman Gempa Bumi 2009

Mulai tahun 2009, Pulau Jawa menjadi sasaran penelitian kegempaan setelah Pulau Sumatera. Terjadinya gempa di Yogyakarta dan tsunami di Pangandaran pada tahun 2006 yang menimbulkan korban jiwa cukup besar telah membuka mata banyak pihak bahwa Pulau Jawa juga rentan terhadap bencana.

Sepanjang pantai selatan dihadapkan langsung pada zona subduksi atau pertemuan antara lempeng Australia dan Eurasia di Palung Jawa yang berada di Laut Hindia.

Sementara itu, di daratan terdapat sejumlah patahan aktif dekat pemukiman padat penduduk, seperti Patahan Cimandiri yang melewati Sukabumi, patahan Lembang dan memotong Bandung, patahan Opak di Yogyakarta, dan patahan lain di bagain utara

Penelitian tersebut akan dilakukan bersama Japan Science and Technology (JST) dan Japan International Cooperation Agency (JICA) selama 3 tahun ke depan. Sebanyak 60 peneliti dari Indonesia dan Jepang akan dilibatkan dan dibagi dalam 5 topik penelitian, dari kegempaan patahan, aktivitas vulkanis, potensi ancaman, hingga sosialisasi kepada masyarakat.

Untuk tahun 2009, penelitian gempa akan difokuskan di patahan Lembang dan sekitarnya.

Kata ramalan Mama Loren Th 2009 bencana gempa masih akan terjadi di Indonesia. Dan kemarin sudah kejadian musibah Gempa Bumi menimpa saudara kita di Papua ,,,,,
Pulau Jawa ??????

Tidak ada komentar:

Posting Komentar